High Gain Guitar Amplifier, Metal Distortion Plus Reverb Delay Fx

Guitar-Amplifier-High-Gain-TDA7294-300x260 High Gain Guitar Amplifier, Metal Distortion Plus Reverb Delay FxKarena adanya permintaan kit amplifier gitar dengan tipe distortion modern yang disertai dengan efek reverb, dimana amplifier distrotion dan efek reverb hampir terpasang disemeua amplifier gitar yang mahal-mahal.

Berbagai macam pertimbangan telah dilakukan, telah dipelajari pula skema distortion dan reverb yang ada di pasaran hingga menjatuhkan sebuah pilihan.

 

Intinya adalah bagus tapi ekonomis (itu moto yang “kita banget lah…”)

Berikut ini adalah hasil dari research yang telah dilakukan, dimana blok terbagi menjadi 3, antara lain :

  1. Preamp Gitar
  2. Efek Reverb
  3. Power Amplifier

Ok lanjut ceritanya:

Preamp Gitar

Preamp Gitar yang diharapkan adalah bersifat High Gain Distortion, dengan disertai pengaturan Tone Stack: Drive, Bass, Middle, Treble, Level. Skema mengacu model tone control pasive baxandal yang melegenda sepanjang masa untuk amplifier gitar sampai saat ini.

Berikut ini skema asli sebelum modifikasi:

Skema-Brutal-Distortion-300x148 High Gain Guitar Amplifier, Metal Distortion Plus Reverb Delay Fx

Di dalam preamp gitar blok dibagi menjadi 6 Op-Amp, antara lain

  • Buffer, buffer bertujuan agar tidak terjadi degradasi tone (silahkan baca artikel tentang buffer amplifier gitar)ketika gitar terhubung kabel yang panjang dengan preamp+amplifier,sehingga detil petikan gitar tetap terjaga tidak kusam/moody/dll. Untuk kepraktisan, digunakan IC,meskipun saya pernah mencoba pakai transistor JFET semacam J201 lebih OK. Resistor pulldown diberi nilai 1M.
  • Drive/Gain, drive atau gain berfungsi untuk mengatur amplifikasi dari inputan yang diperoleh dari buffer, disini digunakan pula Op-Amp. Sayangnya preamp ini tidak bisa menghasilkan suara clean murni. Jika drive diposisi angka nol sekalipun tidak akan bisa menghasilkan clean sejati karena penguatan selanjutnya terkena clipping dari diode 2 tahap (akan dijelaskan berikutnya). Jika seandainya diinginkan 2 channel clean dan distortion maka dari step Drive ada bypass ke tone stack langsung, tapi hal ini akan menyebabkan kompleksitas lebih tinggi lagi.
  • Distortion/Diode Cliping. Step ke-3 adalah tahapan yang menyebabkan suara menjadi terdistorsi. Yang menjadikan preamp ini brutal (metal distortion) karena clipping signal dilakukan 2 kali, yang pertama menggunakan 2 diode clipping model simetris (jenis ini banyak dipakai pada efek Overdrive, distortion ringan), kemudian setelah terdistorsi masih di clipping lagi dengan 3 diode clipping model asimetris. Dimana disetiap tahap dilakukan penguatan/amplifikasi. (Pelajari di google tentang didode clipping). Anda dapat mengganti ganti jenis diodenya untuk menghasilkan efek distorsi yang cocok dengan telinga masing-masing, misalnya diganti dengan LED, diode 1N4148, diode 1N60, 1N34A, 1N914 dan lain-lain.
  • Tone Stack Bass Treble, Tahap berikutnya adalah membuat tone control, dimana pada tahap ini hanya ada Treble, Bass saja, sedangkan untuk Mids akan diperlakukan khusus. Tone control bersifat pasive layaknya amplifier gitar zaman dahulu.
  • Tone Middle, Khusus tone middle ada penanganan istimewa, dimana tone mids dilakukan amplifikasi terlebih dahulu, sehingga pengaturan tone mids lebih dominan daripada tone stack sebelumnya, karena kita tahu 80% signal guitar banyak bekerja pada rentang suara middle.
  • Bright Sound, tahapi ini adalah tahap terakhir yaitu adanya penguatan akhir dan bright efek. Disini ada saklar sebagai pilihan suara yang dihasilkan bright atau cenderung kusam. Caranya sederhana,yaitu dengan meng-groundkan kapasitor 4,7 nano farad.
  • Power Supply, skema terpisahadalah power supply yang telah disertai dengan tegangan bias.

Karena premap amplifier gitar ini adalah high gain maka kendala yang paling sulit dan harus dihadapi adalah masalah suara hum/dengung. Karena interferensi sangat tinggi, noise pun terangkat seiring dengan drive/gain yang dinaikkan. Solusi untuk mencegahnya adalah gunakan kabel input yang bagus antara gitar dan preamp, serta solder kabel di posisi kaki ground jack gitar pada preamp ke tanah/tembok.

Dari hasil pengujianpreampinisangat memuaskan diguakan pada jenisdistortion metal, pada posisi clean tidak bisa clean sempurna (wajar trade off nya seperti itu, meskipun memungkinkan dibuat dua channel clean dan distortion tapi ribet, males bikinnya).

Saya coba kombinasikan beberapa IC Op-Amp yang digunakan agar sesuai dengan selera saya.

Opsi-Preamp-300x108 High Gain Guitar Amplifier, Metal Distortion Plus Reverb Delay Fx

Dari hasil pengujian diperoleh karakter suara sebagai berikut (realtif menurut telingaku):

  • TL074 + TL072CP, pakai CP bukan CN, hasil uji dengar terdengar sangat clear, noise rendah, terlalu terkesan audio yang bersih, distorsi sedikit pedih di telinga. Cocoknya suara clean.
  • TL074+ LM833, terkesan british suara agak kusam dikit, noise sedikit lebih tinggi dari sebelumnya, terasa sweet dan ada suara ikutan / ekornya.
  • TL074 + JRC4558D, distorsi sangat tampakdan lebih kusam, gain sedikit lebih rendah tapi sudah kelihatan garangnya, noise sedikitmeningkat.
  • LM324N + TL072CP, Gain meningkat tinggi, garang, terkesan bening, tapi cukup garang
  • LM324N + LM833, Gain meningkat tinggi, terkesan mendem, sweet,british
  • LM324N + JRC4558D, Gain meningkat tinggi, kasar, distorsi mantap,clean kurang dapat.

Dari keseluruhan uji coba saya lebih cocok pada piliha LM324N + JRC4558D karena urusan distorsi mantap, mulai tebal, tipis, panjang untuk lead juga lumayan meskipun leadnya tidak sebagus TL074+TL072CP. Cuma sayangnya noisenya besar.

Semua bergantung selera telinga masing-masing, Anda dapat menggantinya dengan kombinasi quad opamp dan dual opamp yang lain seperti seri OPA, NE dan lain-lain.

Echo Reverb Fx

Di dalam preamp gitar ini sudah dilengkapi dengan echo reveb, mengapa efekini ditanamkan? karena hampir semua gitaris memerlukannya dan pada amplifer gitar yang mahal-mahal seringkali efek reverb disertakan.

Untuk reverb digunakan skema berikut:

seaUrchin_Schematic-267x300 High Gain Guitar Amplifier, Metal Distortion Plus Reverb Delay Fx

Skema di atas adalah mengadopsi blue delay dari mad professor.

Pengaturan ada 3 potensio, antara lain: Delay, Feedback/Repeat dan Mix. Dari pengujian hasilnya sungguh luar biasa, kesan hall sangat terasa, buat echo memang kurang kurang karena pantualnnya sedikit tapi bisa juga digunakan untuk echo. Kalau efek dipakai terkesan Anda sedang berkonser di raungan yang luas, keren…..

Untuk mengkatifkan reverb bisa ditekan saklar sebelah kanan.

Saklar ini juga bisa difungsikan sebagai booster yang menyebabkan amplikasi yang besar dengan syarat potensio pengaturan di set posisi nol semua. Dan nikamti sensasi distorsi yang cadas dan super garang.

Reverb-300x108 High Gain Guitar Amplifier, Metal Distortion Plus Reverb Delay Fx

IC yang dipilih adalah PT2399 dati PTC (stok terbatas, bisa diganti merk lain asal tetap PT2399) dan IC opamp NE5532 (ic yang audible bening bersih dan low noise) cocok untuk reverb,bisa diganti dengan op-amp yang lain.

Guitar Amplifier

Saya telah mencoba merakit amplifier, mulai mosfet, OCL, sampai pakai IC monolithic. Konsep yang saya inginkan adalah rentang frekwensi kerja amplifier yang sesuai dengan frekwensi gitar, pembuatannya sederhana dan murah.

Dari beberapa pertimbanngan maka rancangan amplifier gitar difokuskan pada TDA7294, secara datasheet daya yang dihasilkan adalah 80 watt-100 watt untuk setiap IC monolithic TDA7291. Namun agar lebih cadas TDA7294 saya BTL, bahasa awamnya adalah menggabungkan 2 amplifier menjadi 1 amplifier dengan daya dua kalinya.

Skema yang saya ambil pada dasarnya sama dengan contoh pada datasheet, namun ada penyesuian sedikit sesuai kebutuhan, berikut gambar skemanya.

tda7294-300x269 High Gain Guitar Amplifier, Metal Distortion Plus Reverb Delay Fx

TDA7294-Guitar-Amplifier-1-300x209 High Gain Guitar Amplifier, Metal Distortion Plus Reverb Delay Fx TDA7294-Guitar-Amplifier-3-300x220 High Gain Guitar Amplifier, Metal Distortion Plus Reverb Delay Fx

Terlihat dari foto amplifier gitar di atas tampak tidak meyakinkan, begitu sederhana, tidak ada kesan ribet. Semuanya telah ditangani oleh IC TDA7294, kita hanya mengatur gain dan crossover saja dengan mengganti RC nya saja.

Namun di luar dugaan hasilnya luar biasa, cocok banget sebagai amplifier gitar, suara mid lebih dominan meskipun bass dan trebel masih tetap bisa di deliver dengan baik. Secara keseluruhan suara dibawakan dengan begitu mudah oleh amplifier, mulai lead, rythem, clean semua ok tanpa salih dikalahkan.

Yang menurutku mengkhawatirkan tentang daya yang dihasilkan rendah ternyata keliru (jika dibaca di forum-forum TDA7294 haus signal). Daya yang dihasilkan powerfull bahkan dibandingkan dengan amplifier mosfet atau OCL tidak kalah garang. Kelebihannya TDA7294 begitu sederhana.

Kendalautamanya adalah disipasi panas yang dihasilkan TDA7294 sangat besar alias puanas…..oleh karena itu dibutuhkan aluminium heatsink yang tebal bahkan kalau perlu diberi fan pada heatsink. Karena kalau panas berlebihan bisa menyebabkan kerusakan.

Berikut ini penampakan uji cobanya

Guitar-Amplifier-High-Gain-TDA7294-300x260 High Gain Guitar Amplifier, Metal Distortion Plus Reverb Delay Fx P_20150217_174547-300x108 High Gain Guitar Amplifier, Metal Distortion Plus Reverb Delay Fx

pcb-preamp-gitar-distorsi-reverb-2-300x116 High Gain Guitar Amplifier, Metal Distortion Plus Reverb Delay Fx pcb-preamp-gitar-distorsi-reverb-1-300x90 High Gain Guitar Amplifier, Metal Distortion Plus Reverb Delay Fx

8 Comments

  1. Om bikin kit ampli gitar clean, pakai lm3886,
    preamp pake fet blackface atau rungroove tonemender, reverb, sent return.
    Seru tuh om.
    kabarkan om kalo dibikin 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ELKIT - Hobi Elektronik Effect Builder located at Perum Puri Nirwana Simandaran Kavling 3 , Jl. Jaya Simandaran, Sawojajar 2, Malang . Reviewed by 90 customers rated: 1 / 5